India (Republik India) || Ibu kota: New Delhi

India atau Republik India adalah sebuah negara di benua Asia yang merupakan negara terbesar ketujuh di dunia menurut ukuran wilayah geografis. Dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa menjadikan negara india sebagai negara dengan penduduk terbanyak kedua di dunia. Dari sedikit negara di dunia yang memiliki senjata nuklir, India termasuk salah satunya.

India (Republik India) || Ibu kota: New Delhi
Bendera Negara India

Profil Negara India
India (Republik India) || Ibu kota: New Delhi
Lambang Negara India

Nama resmiRepublik India, Republic of India, Bhārat Gaṇarājya
Ibu KotaNew Delhi
Bahasa resmiHindi dan Inggris
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenRam Nath Kovind
Wakil PresidenVenkaiah Naidu
Mata uangRupee India (₹) (INR)
Internet.in
Kode telepon+91

Pembentukan
Kemerdekaandari Britania Raya
Dominion15 Agustus 1947
Republik26 Januari 1950

Latar belang
Negara India memiliki populasi sekitar 1,324,171,354 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 3,287,263 km2. Negara India memiliki banyak perbatasan dengan negara lain, seperti Pakistan, Republik Rakyat Tiongkok, Myanmar. Bangladesh, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sri Lanka, dan Maladewa.

Negara yang memiliki kebudayaan yang penuh dengan sinkretisme dan pluralisme budaya ini dalam hal ekonomi termasuk dalam urutan ke-10 dunia dalam konversi mata uang dan ke-4 terbesar dunia dalam PPP. Industri penting negara ini pada sektor pertambangan, petroleum, pengasahan berlian, tekstil, film, teknologi informasi, dan kerajinan tangan. Sementara sektor pertanian yang dahulu menjadi andalan negara India, kini hanya menyumbang sekitar 25% pendapatan negara.

Wisata
Benares, Manikarnika Ghat, dan Stupa Dhamek merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi turis dinegara India.