Iran (Republik Islam Iran) || Ibu kota: Teheran

Iran atau Republik Islam Iran adalah sebuah negara Timur Tengah yang terletak di wilayah Asia Barat Daya. Nama Iran bersal dari sebuah kognat perkataan "Arya" yang memiliki makna Tanah Bangsa Arya. Negara Iran terkenal dengan agama mayoritasnya, yaitu Syiah, dan sejarah negara Iran terkenal dengan sebutan bangsa Persia.

Iran (Republik Islam Iran) || Teheran
Bendera Negara Iran

Profil Negara Iran
Profil Negara Iran
Lambang Negara Iran

Nama resmiRepublik Islam Iran, جمهوری اسلامی ايران‎, Jomhūrī-ye Eslāmī-ye Īrān (Persia)
Ibu KotaTeheran
Bahasa resmiPersia
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
Pemimpin AgungAli Khamenei
PresidenHassan Rouhani
Mata uangRial Iran (﷼) (IRR)
Internet.ir dan ایران.
Kode telepon+98

Pembentukan
Medessekitar 678 SM
Kekaisaran Akhemeniyah550 SM
Kekaisaran Sasaniyah224 M
Dinasti Safawiyah1501
Republik Islam1 April 1979

Latar belang
Negara Korea Iran berpenduduk sekitar 78.511.100 jiwa (2015) dengan luas wilayah negara total sekitar 1.648.195 km2. Iran berbatasan dengan Azerbaijan dan Armenia di barat laut, dan Laut Kaspia di utara, di wilayah timur laut berbatasan dengan Turkmenistan (1000 km), di timur berbatasan dengan dan Afganistan, sedangkan di barat berbatasan dengan Turki dan Irak, dan di selatan dibatasi oleh perairan Teluk Persia dan Teluk Oman.

Berdasarkan tulisan-tulisan sejarah, peradaban Iran yang pertama adalah Proto-Iran, yang kemudian diikuti dengan peradaban Elam. Kemudian Bangsa Arya mendirikan kekaisaran pertama Iran setelah mereka hijrah ke wilayah tersebut, Kekaisaran Media (728-550 SM). Kekaisaran ini telah menjadi simbol pendiri bangsa dan juga kekaisaran Iran, yang disusul dengan Kekaisaran Achaemenid (648–330 SM) yang didirikan oleh Cyrus Agung.

Wisata
Bangunan-bangunan kuno peninggalan masa lalu menjadi sektor utama pariwaisata di Iran, salah satunya yaitu Sebuah bangunan seremonial di Persepolis yang dibangun pada masa kekaisaran Raja Dairus pada tahun 518 sm.