Australia (Persemakmuran Australia) || Ibu kota: Canberra

Australia atau Negara Persemakmuran Australia adalah satu-satunya negara yang menguasai keseluruhan salah satu dari 7 benua yang ada di dunia, yaitu benua Australia. Selain benua Australia yang menjadi daratan utama negara Australia, negara Australia memiliki beberapa pulau seperti Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik.

Australia (Persemakmuran Australia) || Canberra
Bendera Negara Australia

Profil Negara Australia
Profil Negara Australia
Lambang Negara Australia

Nama resmiPersemakmuran Australia Commonwealth of Australia (Inggris)
Ibu KotaCanberra
Bahasa resmiInggris
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
RatuElizabeth II
Perdana MenteriMalcolm Turnbull
Mata uangDolar Australia (A$) (AUD)
Internet.au
Kode telepon+61

Pembentukan
KemerdekaanDari Britania Raya
Konstitusi1 Januari 1901
Adopsi Statuta Westminster9 Oktober 1942
Undang-Undang Australia 19863 Maret 1986

Latar belang
Negara Australia memiliki penduduk sekitar 24.913.351 jiwa dengan luas wilayah total sekitar 7.692.024 km2. Karena daratan utama negara dikenal dengan negara kangguru ini merupakan sebuah benua, Australia tidak memiliki perbatasan langsung dengan negara lainnya. Tetangga atau negara yang secara geografis terdekat dengan Australia yaitu Selandia Baru di tenggara, sedangkan Indonesia, Papua Nugini dan Timor Leste di utara, dan di timur laut ada Kepulauan Vanuatu, Solomon, dan Kaledonia Baru.

Australia berasal dari bahasa latin yaitu australis yang berarti selatan, sedangkan Aussie merupakan istilah percakapan bagi "orang/bangsa Australia". Diperkirakan manusia menempati daratan Australia pada 42.000 sampai 48.000 tahun lalu, mereka datang melalui Asia tenggara dan merupakan nenek moyang dari suku Aborigin. Orang Eropa yang pertama menjejakkan kaki di benua Australia adalah seorang mualim Belanda, yaitu Willem Janszoon dan menjejakkan kakinya untuk kali pertama pada 26 Februari tahun 1606 di Sungai Pennefather di pantai barat Tanjung York, namun sekitar 100 tahun kemudian secara perlahan Inggris mulai menguasai Australia.

Wisata
Sydney Opera House telah menjadi sebuah ikon pariwisata negara Australia.