Brunei (Negara Brunei Darussalam) || Ibu kota: Bandar Seri Begawan

Brunei atau Negara Brunei Darussalam adalah sebuah negara kesultanan berdaulat yang berada di wilayah pesisir pulau Borneo bagian utara, Asia tenggara. Negara yang memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi ke-2 di Asia Tenggara setelah Singapura ini dikenal sebagai negara yang kaya karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang melimpah.

Brunei (Negara Brunei Darussalam) || Ibu kota: Bandar Seri Begawan
Bendera Negara Brunei Darussalam

Profil Negara Brunei Darussalam
Profil Negara Brunei Darussalam
Lambang Negara Brunei Darussalam

Nama resmiNegara Brunei Darussalam, نڬارا بروني دارالسلام (Melayu)
Ibu KotaBandar Seri Begawan
Bahasa resmiMelayu
Bentuk PemerintahanMonarki absolut
SultanHassanal Bolkiah
Putra MahkotaAl-Muhtadee Billah
Mata uangDolar Brunei (B$) (BND)
Internet.bn
Kode telepon+673

Pembentukan
Kerajaan Po-niAbad ke 7
KesultananAbad ke 14
KekaisaranAbad ke 15–19
Protektorat Britania1888
Kemerdekaan dari Britania Raya1 Januari 1984

Latar belang
Negara yang terdiri dari dua bagian daratan yang terbatasi oleh wilayah negara malaysia ini memiliki populasi sekitar 417,200 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 5,765 km2. Negara Brunei Darussalam hanya memiliki batas wilayah daratan dengan satu negara yaitu, Malaysia, dan memiliki garis pantai yang menghadap ke laut cina selatan.

Menurut para peneliti terdapat sebuah kerajaan lain sebelum berdirinya Kesultanan Brunei kini. Pada catatan orang Tiongkok menyebutkannya sebagai Po-ni dan orang Arab menunjukkan bahwa kerajaan perdagangan kuno di abad ke-7 ini ada di muara Sungai Brunei dan memiliki wilayah cukup luas meliputi Sabah dan Sarawak yang kini menjadi bagian dari Malaysia.

Wisata
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Ulu Temburong National Park, dan Jerudong Park merupakan sebagian lokasi wisata andalan negara Brunei Darussalam.