Argentina (Republik Argentina) || Ibu kota: Buenos Aires

Argentina adalah salah satu negara Amerika Latin yang terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan. Argentina dikenal sebagai negara paling selatan di selatan, karena letak posisinya berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan. Ibu kota Argentina yaitu Buenos Aires merupakan salah satu metropolitan terpadat di dunia.

Argentina (Republik Argentina) || Buenos Aires
Bendera Negara Argentina

Profil Negara Argentina
Profil Negara Argentina
Lambang Negara Argentina

Nama resmiRepublik Argentina (Nacion Argentina), República Argentina (Spanyol)
Ibu KotaBuenos Aires
Bahasa resmiSpanyol
Bentuk PemerintahanRepublik presidensial
PresidenMauricio Macri
Wakil PresidenGabriela Michetti
Mata uangPeso ($) (ARS)
Internet.ar
Kode telepon+54

Pembentukan
Kemerdekaandari Spanyol
Revolusi Mei25 Mei 1810
Diumumkan9 Juli 1816
Diakui29 April 1857

Latar belang
Negara Argentina merupakan negara terluas atau terbesar kedelapan di dunia. Argentina berbatasan dengan Negara Paraguay dan Bolivia di sebelah utara, di timur laut berbatasan dengan Brasil dan Uruguay, sedangkan di barat Argentina berbatasan dengan Chili.

Nama "Argentina" diambil dari istilah Latin, yaitu argentum yang berarti perak. Ketika penjajah Spanyol berlayar ke Río de la Plata, kapal mereka karam dan pemimpin ekspedisi Juan Díaz de Solís yang selamat diberi hadiah perak oleh para orang pribumi.

Wisata
Selain Ibu kota Buenos Aires, lokasi wisata alam seperti Iguazu Falls (Air terjun Iguazu), Perito Moreno Glacier, El Chalten dan Bariloche menjadi daya tarik para turis asing untuk datang ke Argentina.