Islandia (Republik Islandia) || Ibu kota: Reykjavik

Islandia adalah sebuah negara Nordik yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Negara Republik ini terletak sekitar 300 kilometer di sebelah timur Greenland, sebelah barat laut Eropa atau sebelah utara Samudera Atlantik.

Islandia (Republik Islandia) || Reykjavik
Bendera Negara Islandia

Profil Negara Islandia
Profil Negara Islandia
Lambang Negara Islandia

Nama resmiRepublik Islandia, Lýðveldið Ísland (Islandia)
Ibu KotaReykjavík
Bahasa resmiIslandia
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenGuðni Th. Jóhannesson
Perdana MenteriKatrín Jakobsdóttir
Mata uangKróna Islandia (kr) (ISK)
Internet.is
Kode telepon+354

Pembentukan
Pemukiman pertamaAbad ke-9
Persemakmuran930–1262
Bersatu dengan Norwegia1262–1814
Monarki Denmark1380–1944
Kerajaan1 Desember 1918
Republik17 Juni 1944

Latar belang
Negara Islandia berpenduduk sekitar 329.100 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 102.775 km2. Pulau utama negara Islandia terletak di selatan dari Lingkar Arktik, yang melewati pulau Islandia kecil Grímsey lepas pantai utara pulau utama. Daratan terdekat dari Islandia adalah Greenland (290 km), sedangkan daratan terdekat di Eropa adalah Kepulauan Faroe yang berjarak sekitar 420 km dan Pulau Jan Mayen dengan jarak sekitar 570 km.

Pulau utama Islandia adalah pulau terbesar kedua di Eropa setelah Inggris dan merupakan pulau terbesar ke-18 di dunia. Penduduk dari negara yang memiliki Keanekaragaman hayati ini sebagian besar adalah orang Skandinavia. Untuk hal penamaan seseorang, orang menggunakan patronim akhiran son untuk laki-laki dan dóttir bila ia perempuan. Negara salju ini didaulat sebagai negara terdamai di dunia.

Wisata
Air panas alami di Blue Lagoon, Air Terjun Dettifos dan Seljalandsfoss, Gua Es Skaftafell dan Danau Es Jokulsarlon merupakan objek-objek wisata yang menjadi daya tarik negara yang juga dikenal sebagai surganya aurora dan memiliki keindahan alam serta keanekaragaman marga satwa.