Rusia (Federasi Rusia) || Ibu kota: Moskow

Rusia (Rusia: Росси́я, tr. Rossija) atau Federasi Rusia (Rusia: Росси́йская Федера́ция, tr. Rossiyskaya Federatsiya) adalah sebuah negara terluas didunia dengan luas membentang dari sebelah timur Eropa hingga utara Asia.

Rusia (Federasi Rusia) || Moskow
Bendera Federasi Rusia

Profil Federasi Rusia
Lambang Federasi Rusia
Lambang Negara Rusia

Nama resmiFederasi Rusia / Российская Федерация / Rossiyskaya Federatsiya (Rusia)
Ibu KotaMoskow
Bahasa resmiRusia
Bentuk PemerintahanRepublik semi Presidensial
PresidenVladimir Putin
Perdana MenteriDmitry Medvedev
Mata uangRubel Rusia (₽) (RUB)
Internet.ru dan .рф2
Kode telepon+7

Pembentukan
Dinasti Rurik862
Kievan Rus882
Kadipaten Agung Moskwa1363
Ketsaran Rusia1547
Kekaisaran Rusia1721
Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia7 November 1917
Uni Soviet10 Desember 1922
Federasi Rusia26 Desember 1991

Latar belang
Dengan jumlah penduduk sekitar 146.583.630 (2015) dengan luas total 17.098.242 km2, Rusia menjadi negara terbesar. Oleh itu negara Rusia berbatasan dengan banyak negara lainnya, antara lain Norwegia, Finlandia, negara-negara Baltik seperti Estonia dan Latvia kemudian Belarus dan Ukraina, Georgia dan Azerbaijan, Laut Hitam, Laut Kaspia, Kazakhstan, Republik Rakyat Tiongkok, Mongolia dan Korea Utara, di Samudra Pasifik utara meliputi Laut Jepang, Laut Okhotsk, dan Selat Bering, wilayah bagian dari Alaska (Amerika Serikat), di sebelah utara dengan Samudra Arktik (Kutub Utara).

Sejarah Rusia diawali dengan perpindahan bangsa-bangsa Skandinavia yang dikenal juga sebagai bangsa Varangia yang dipimpin oleh tokoh semilegendaris Rurik yang menyeberangi Laut Baltik memasuki kota Novgorod pada tahun 862 M dan memerintah di sana. Pada kisaran tahun 1682 hingga 1725, Rusia dibawah kepemempinan Pyotr yang Agung yang mendeklarasikan diri sebagai Kekaisaran di tahun 1721.

Pada tanggal 30 Desember 1922 bersama dengan Ukraina, Byelorusia, dan Transkaukasia, Rusia pada saat itu bernama Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia membentuk Uni Soviet. Pada bulan Juni 1991, Boris Yeltsin terpilih sebagai presiden pertama dalam sejarah Rusia ketika ia menjadi Presiden Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia dan merubah Uni Soviet Federasi Rusia di tahun itu juga.

Wisata
Tujuan turis utama di Rusia diantaranya perjalanan sekitar Cincin Emas, perjalanan di sungai-sungai besar seperti Volga, dan perjalanan jarak jauh seperti Jalur kereta api Trans-Siberia. Ada pula gunung Elburs yang menjadi guning tertinggi di dunia yang banyak dipenuhi salju.