Selandia Baru || Ibu kota: Wellington

Selandia Baru atau New Zealand adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik, 1.500 kilometer dari Australia tenggara. Negara yang menjadi salah satu daratan utama terakhir yang dimukimi manusia ini dikenal juga sebagai wilayah yang memiliki keanekaragaman hayati yang berbeda, baik itu tumbuhan maupun hewan.

Selandia Baru || Ibu kota: Wellington
Bendera Negara Selandia Baru

Profil Negara Selandia Baru
Profil Negara Selandia Baru
Lambang Negara Selandia Baru

Nama resmiSelandia Baru, New Zealand (Inggris), Aotearoa (Maori)
Ibu KotaWellington
Bahasa resmiInggris dan Maori
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
RatuElizabeth II
Perdana MenteriJacinda Ardern
Mata uangDollar Selandia Baru (NZ$) (NZD)
Internet.nz
Kode telepon+64

Pembentukan
Kemerdekaandari Britania Raya
Pembentukan pemerintahan7 Mei 1856
Dominion26 September 1907
Adopsi Statuta Westminster11 Desember 1931 (efektif sejak 25 November 1947)

Latar belang
Negara Selandia Baru memiliki populasi sekitar 4,886,200 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 268,021 km2. Negara ini terdiri dari 2 pulau utama yang merupakan bagian dari benua Selandia. Auckland merupakan kota terbesar di negara yang dikenal dengan suku Maori-nya ini.

Bangsa Polinesia mendiami dan membangun kebudayaan Māori di wilayah negara ini pada sekitar tahun 1250–1300, sedangkan orang Eropa mulai merintis kehidupan di Selandia Baru pada tahun 1642 Masehi. Adalah Abel Tasman, orang Eropa berkebangsaan Belanda pertama yang melihat Selandia Baru pada tahun 1642, namun diberi nama New Zealand oleh Penjelajah asal Inggris atau Britania yang bernama James Cook.

Wisata
Lokasi wisata alam menjadi andalan sektor pariwisata negara Selandia, Milford Sound, Fiordland National Park, dan Gunung Cook merupakan destinasi wisata yang memiliki pesona alam tersendiri khas Selandia baru.