Afrika Selatan (Republik Afrika Selatan) || Ibu kota: Bloemfontein, Cape Town, Pretoria

Afrika Selatan atau Republik Afrika Selatan adalah sebuah negara yang terletak di wilayah benua Afrika bagian selatan. Sebelum menjadi sebuah negara Demokratis, Pemerintahan dari salah satu negara tertua di benua Afrika ini sempat dikecam karena politik pemisahan ras-nya atau disebut Apartheid. Afrika Selatan memiliki 3 Ibu kota yang berfungsi sebagai pusat legislatif, eksekutif, yudikatif. Selain itu negara yang dikenal sebagai produsen berlian, emas dan platinum yang utama di dunia ini termasuk negara multi ras.

Afrika Selatan (Republik Afrika Selatan) || Ibu kota: Bloemfontein, Cape Town, Pretoria
Bendera Negara Afrika Selatan

Profil Negara Afrika Selatan
Profil Negara Afrika Selatan
Lambang Negara Afrika Selatan

Nama resmiRepublik Afrika Selatan, Republic of South Africa (Inggris), Republiek van Suid-Afrika (Afrikaans), IRiphabliki yase Ningizimu Afrika (Zulu)
Ibu KotaCape Town (legislatif), Pretoria (eksekutif), Bloemfontein (yudikatif)
Bahasa resmiAfrikaans, Inggris, Zulu, Xhosa, Ndebele, Sotho, Swazi, Tswana, Sotho Utara, Tsonga, dan Venda
Bentuk PemerintahanRepublik
PresidenCyril Ramaphosa
Deputi PresidenDavid Mabuza
Mata uangRand (R) (ZAR)
Internet.za
Kode telepon+27

Pembentukan
Kemerdekaandari Britania Raya
Dominion31 Mei 1910
Republik31 Mei 1961

Latar belang
Negara Afrika Selatan memiliki populasi sekitar 55,653,654 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 1,221,037 km2 termasuk Pulau Robben dan Kepulauan Prince Edwards, negara ini bersebelahan dengan Samudra Atlantik di pantai barat, sedangkan di pantai timur bersebelahan dengan Samudra Selatan dan Samudra Hindia. Selain mengelilingi sebuah negara kecil, yaitu Lesotho, negara yang terletak di 29° 00' S, 24° 00' T ini juga bertetangga dengan negara Botswana, Namibia dan Zimbabwe di utara, serta Swaziland dan Mozambik di sebelah timur laut.

Sebelum Penjelajah Belanda tiba pada 1652, negara ini telah dihuni banyak suku termasuk suku Khoi, Xhosa, Bushmen dan Zulu. Karena kekayaan alamnya terutama cadangan berlian yang melimpah, Inggris pun tertarik untuk menguasai seluruh wilayah negara ini dan hal tersebut memicu terjadinya Perang Boer dan perang antara Britania dan Belanda.

Wisata
Selain kota terbesarnya yaitu kota Johannesburg, beberapa lokasi wisata di Afrika Selatan selalu banyak di kunjungi turis seperti Taman Nasional Kruger dan Pantai Durban.