Aljazair (Republik Demokratis Rakyat Aljazair) || Ibu kota: Algiers

Aljazair atau Republik Demokratik Rakyat Aljazair adalah sebuah negara di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara. Nama Aljazair diambil dari bahasa Arab, yaitu الجزائر yang berarti Kepulauan, di mungkinkan terkait dengan 4 pulau yang terletak berdekatan dengan ibu kota Algiers.

Aljazair (Republik Demokratis Rakyat Aljazair) || Ibu kota: Algiers
Bendera Negara Aljazair

Profil Negara Aljazair
Profil Negara Aljazair
Lambang Negara Aljazair

Nama resmiRepublik Demokratik Rakyat Aljazair, الجمهورية الجزائرية الديمقراطية الشعبية, Al-Jumhūrīyah al-Jazā'irīyah ad-Dīmuqrāţīyah ash-Sha‘bīyah (Arab), ⵟⴰⴳⴷⵓⴷⴰ ⵜⴰⵎⴻⴳⴷⴰⵢⵜ ⵜⴰⵖⴻⵔⴼⴰⵏⵜ ⵜⴰⵣⵣⴰⵢⵔⵉⵜ, Ṭagduda tamegdayt taɣerfant tazzayrit (Berber), République démocratique populaire d'Algérie (Perancis)
Ibu KotaAlgiers
Bahasa resmiArab dan Berber
Bentuk PemerintahanRepublik semi-presidensial
PresidenAbdelaziz Bouteflika
Perdana MentriAhmed Ouyahia
Mata uangDinar Aljazair (دج) (DZD)
Internet.dz
Kode telepon+213

Pembentukan
Kemerdekaandari Perancis
Diakui3 Juli 1962
Diumumkan5 Juli 1962

Latar belang
Negara Aljazair memiliki populasi sekitar 40,400,000 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 2,381,741 km2. Di sebelah timur-laut Aljazair berbatasan dengan negara Tunisia, dan Libya di sebelah timur, sedangkan di wilayah barat berbatasan dengan Maroko, dan Mauritania, Sahara Barat, dan Mali di barat-daya, di tenggara dengan Niger, dan Laut Tengah di sebelah utara.

Negara yang memiliki program nuklir damai sejak tahun 1990-an mengandalkan sektor minyak dalam hal ekonomi, perusahaan minyak nasional Aljazair merupakan perusahaan minyak terbesar di benua Afrika. Selain Prancis, Turki Usmani pun pernah memegang kekuasaan di wilayah negara ini.

Wisata
Taman Nasional Jardin d'Essai du Hamma, Monumen Martyrs' Memorial, dan Royal Mausoleum of Mauretania menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke negara Aljazair.