Afrika Tengah (Republik Afrika Tengah) || Ibu kota: Bangui

Afrika Tengah atau Republik Afrika Tengah adalah sebuah negara di pedalaman Afrika yang pernah menjadi koloni Perancis dan ketika itu negara ini bernama Ubangi-Shari. Setelah mengalami banyak peristiwa perebutan dan pengalihan kekuasaan, kudeta militer pada tahun 2003 pimpinan Jenderal Francois Bozize telah menjatuhkan kekuasaan sipil.

Afrika Tengah (Republik Afrika Tengah) || Ibu kota: Bangui
Bendera Negara Afrika Tengah

Profil Negara Afrika Tengah
Profil Negara Afrika Tengah
Lambang Negara Afrika Tengah

Nama resmiRepublik Afrika Tengah, Ködörösêse tî Bêafrîka (Sango), République Centrafricaine (Perancis)
Ibu KotaBangui
Bahasa resmiSango dan Perancis
Bentuk PemerintahanRepublik konstitusional semi-presidensial
PresidenFaustin-Archange Touadéra
Perdana MentriSimplice Sarandji
Mata uangFranc CFA Afrika Tengah (FCFA) (XAF)
Internet.cf
Kode telepon+236

Pembentukan / Kemerdekaan
Dari Perancis13 Agustus 1960
Pendirian Kekaisaran Afrika Tengah4 Desember 1976
Kembali ke sistem Republik21 September 1979

Latar belang
Negara Afrika Tengah memiliki populasi sekitar 4,594,621 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 622,984 km2. Negara yang sebagian besar wilayahnya hutan ini berbatasan dengan negara Sudan, Chad, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo dan negara Kamerun.

Sebagian besar wilayah Afrika Tengah merupakan sabana plato yang berputar-putar, dan di wilayah timur laut terdapat Bukit Fertit, sementara di barat lautnya ada Yade Massif, yaitu plato bergranit yang memiliki ketinggian sekitar 1.143 meter, sedangkan diwilayah selatan banyak anak-anak Sungai Kongo dan lainnya yang membentuk Sungai Ubangi, dan Sungai Sangha berada di wilayah barat negara yang juga berbatasan dengan sungai Nil di wilayah timur.

Wisata
Terdapat banyak lokasi wisata alam di negara Afrika Tengah dan salah satunya adalah taman nasional Andre Felix yang menampilkan pesona alam eksotis.