Spanyol (Kerajaan Spanyol) || Ibu kota: Madrid

Spanyol atau dalam bahasa Spanyol "España" adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang lebih dikenal sebagai Kerajaan Spanyol yang juga merupakan sebuah Kerajaan penjelajah di masa lalu.

Spanyol (Kerajaan Spanyol) || Madrid
Bendera Negara Spanyol

Profil Negara Spanyol
Profil Negara Spanyol
Lambang Negara Spanyol

Nama resmiKerajaan Spanyol Reino de España (Spanyol)
Ibu KotaMadrid
Bahasa resmiSpanyol
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
RajaFelipe VI
Perdana MentriPedro Sánchez
Mata uangEuro (€) (EUR)
Internet.es
Kode telepon+34

Pembentukan
Monarki Katoliktahun 1479
De facto23 Januari 1516
De juretahun 1715
Konstitusi pertamatahun 1812
Republik Spanyol14 April 1931
Negara Spanyol1 Oktober 1936
Konstitusi saat initahun 1978

Latar belang
Negara Spanyol memiliki luas wilayah total sekitar 505 370 km dengan penduduk sekitar 46 549 045 (2017). Wilayah Spanyol berbatasan dengan Portugal di barat, Gibraltar dan Maroko di selatan, di timur laut Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra, serta memiliki batas laut dengan Teluk Biscay di utara, Laut Tengah di timur, Samudra Atlantik di barat, dan Selat Gibraltar di selatan.

Negara Spanyol memiliki 50 provinsi. Wilayah otonomi mengelompokkan beberapa provinsi (Extremadura, contohnya, terdiri dari dua provinsi, yaitu Cáceres dan Badajoz). Wilayah otonomi Asturias, Kepulauan Baleares, Cantabria, La Rioja, Navarre, Murcia, dan Madrid masing-masing terdiri dari satu provinsi. Terdapat lima enklave (plazas de soberanía) di lepas pesisir Afrika, kota Ceuta dan Melilla diperintah sebagai kota-kota otonom, dan wilayah otonomi antara lain kepulauan Islas Chafarinas, Peñón de Alhucemas, dan Peñón de Vélez de la Gomera yang berada di bawah kendali langsung pemerintah Spanyol.

Wisata
Karena Spanyol banyak di kenal sebagai negeri matador, maka adu banteng menjadi salah satu hal yang dapat menarik wisatawan untuk singggah di Spanyol, Las Ventas adalah salah satu tempat perhelatan adu banteng yang legendaris. Dan kota Madrid merupakan kota yang paling banyak di kunjungi wisatawan.