Swedia (Kerajaan Swedia) || Ibu kota: Stockholm

Swedia atau Kerajaan Swedia adalah sebuah negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara dan tercatat sebagai negara terluas ketiga di Uni Eropa. Ekonomi dari negara terkaya ketujuh di dunia menurut PDB ini dikarakterisasikan pada sektor manufaktur berorientasi ekspor berbasis pengetahuan, sektor pelayanan publik dan jasa bisnis.

Swedia (Kerajaan Swedia) || Ibu kota: Stockholm
Bendera Negara Swedia

Profil Negara Swedia
Profil Negara Swedia
Lambang Negara Swedia

Nama resmiKerajaan Swedia, Konungariket Sverige (Swedia)
Ibu KotaStockholm
Bahasa nasionalSwedia
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
RajaCarl XVI Gustaf
Perdana MenteriStefan Löfven
Mata uangKrona Swedia (kr) (SEK)
Internet.se
Kode telepon+46

Pembentukan
Penyatuan SwediaAwal abad ke-12
Uni Kalmar1397
Swedia-Norwegia4 November 1814
Uni Swedia-Norwegia dibubarkan13 Agustus 1905

Latar belang
Negara Swedia memiliki populasi sekitar 10,151,588 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 450,295 km2. Hal tersebut menjadikan Swedia merupakan negara yang memiliki kepadatan penduduk rendah. Di barat negara Swedia berbatasan dengan Norwegia dan Finlandia di timur laut, di barat daya negara ini dibatasi oleh Selat Skagerrak dan Selat Kattegat, serta Laut Baltik dan Teluk Bothnia di sebelah timur.

Sejak zaman prasejarah orang Jermanik telah menempati negara yang menjadi negara independen sejak Abad Pertengahan ini, lalu dikenal dengan Geats/Götar dan Swedes/Svear dan menempati pesisir pantai yang kini menjadi Norsemen.

Wisata
Kaknas Tower, Millesgarden, Nordic Museum, dan Kiruna merupakan sebagian lokasi wisata yang banyak menarik minat wisatawan untuk pergi ke Swedia.