Tunisia (Republik Tunisia) || Ibu kota: Tunis

Tunisia atau Republik Tunisia adalah negara paling utara di benua Afrika yang terletak di ujung timur Pegunungan Atlas dan bagian utara dari gurun Sahara. Negara yang memiliki perjanjian asosiasi dengan Uni Eropa ini merupakan anggota dari Uni Afrika, Uni untuk Mediterania, La Francophonie, Uni Arab Maghrib, OKI, Liga Arab, Arab Free Trade, Komunitas Sahel-Sahara Serikat, Gerakan Non-Blok, dan Kelompok G-77.

Tunisia (Republik Tunisia) || Ibu kota: Tunis
Bendera Negara Tunisia

Profil Negara Tunisia
Profil Negara Tunisia
Lambang Negara Tunisia

Nama resmiRepublik Tunisia, الجمهورية التونسية, Al-Jumhūrīyah at-Tūnisīyah (Arab), République tunisienne (Perancis)
Ibu KotaTunis
Bahasa nasionalArab
Bentuk PemerintahanRepublik parlementer
PresidenBeji Caid Essebsi
Perdana MenteriHabib Essid
Mata uangDinar Tunisia (د.ت) (TND)
Internet.tn dan .تونس
Kode telepon+216

Pembentukan / Kemerdekaan
Dinasti Husainiyah didirikan15 Juli 1705
Kemerdekaan dari Perancis20 Maret 1956
Republik diumumkan25 Juli 1957

Latar belang
Negara Tunisia memiliki populasi sekitar 11,304,482 jiwa dengan luas total wilayah sekitar 163,610 km2 dan terletak di antara garis lintang 30° dan 38°U, di pantai Mediterania Afrika Utara, di tengah antara Samudra Atlantik dan Delta Nil, dan memiliki perbatasan dengan Aljazair di barat dan barat daya dan di tenggara berbatasan dengan Libya.

Menurut sudut pandang sosiologis, historis dan silsilah, Tunisia terdiri dari sebagian besar orang Arab, Berber dan Turki. Terbentuknya komunitas Turki di Tunisia merupakan pengaruh Ottoman. Selain itu dalam periode waktu yang berbeda, telah bermigrasi orang dari Afrika Sub-Sahara, Romawi, Yunani, Yahudi, Fenisia (Punik), dan pemukim Prancis.

Wisata
Sebagian besar lokasi wisata unggulan negara yang terkenal dengan pantai keemasannya ini berada di ibu kota Tunis, reruntuhan kuno Kartago, daerah Muslim dan Yahudi di Jerba, serta resor pantai di luar Monastir.